Frequently Asked Questions (F.A.Q)
Teknis/Fungsional


No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah saat ini penyelenggara (Pusdiklat/BPSDM) boleh menyelenggarakan diklat MOT/TOC? Saat ini pembuatan kebijakan MOT/TOC dengan metode e-learning sedang dilakukan sehingga lembaga diklat selaku penyelenggara belum boleh mengadakan diklat MOT/TOC sampai kebijakan tersebut dikeluarkan oleh LAN.
2 Apakah MOT/TOC bisa dilakukan secara klasikal? Saat ini diklat MOT/TOC sudah tidak diperbolehkan lagi untuk dilaksanakan secara klasikal, melainkan harus menggunakan metode e-learning ataupun blended learning. Hal ini berlaku sampai dengan dikeluarkannya kebijakan yang mengatur TOC/MOT e-learning.
1 Lembaga diklat saya ingin menyelenggarakan AKD/TNA, lalu peraturan mana yang bisa saya lihat? Saat ini TNA (atau biasa disebut AKD) akan dialihkan ke pengembangan kompetensi. Anda bisa melihatnya di Peraturan LAN No. 5 tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai ASN.
1 Apa saja penyelenggaraan Diklat Teknis dan Fungsional yang diadakan oleh LAN? Jadwal diklat teknis dan fungsional sudah ada di kalender diklat yang telah dibuat oleh Pusdiklat Teknis dan Fungsional. Anda dapat mengaksesnya di tf.lan.go.id
2 Apakah penyelenggaraan diklat teknis/fungsional harus sepengetahuan LAN? Untuk diklat teknis/fungsional yang dibina oleh LAN wajib menyampaikan rencana penyelenggaraannya kepada LAN. Untuk pelatihan teknis/fungsional di luar binaan LAN, penyelenggaraannya diatur oleh masing-masing instansi teknis atau Pembina Jabatan Fungsional.
3 Apakah pengajar harus tersertifikasi? Untuk diklat teknis yang dibina oleh LAN, pengajar harus memiliki STTP TOF/TOT.
4 Apakah sarana dan prasarana harus terstandarisasi? Standarisasi sarana dan prasarana harus mengacu pada Peraturan Kepala pada masing-masing pelatihan teknis. Peraturan tersebut juga harus sesuai dengan Peraturan Kepala LAN No. 13 Tahun 2011 untuk Diklat Teknis dan Peraturan Kepala LAN No. 15 Tahun 2015 untuk Diklat Fungsional.
5 Bagaimana dengan biaya pelatihan teknis dan fungsional? Biaya pelatihan mengacu pada Peraturan LAN terkait PNBP Diklat Tenis dan Fungsional. Anda dapat melihatnya di Lampiran Peraturan Kepala LAN No. 3 Tahun 2017 tentang Rincian Tarif Atas Jenis PNBP yang berasal dari Diklat Teknis dan Fungsional.
6 Apakah kepesertaan pelatihan teknis boleh melibatkan masyarakat? Masyarakat diperbolehkan untuk menjadi peserta pelatihan teknis tertentu.
7 Apakah saya bisa memperoleh informasi mengenai pelatihan teknis/fungsional yang di luar binaan LAN? Untuk pelatihan teknis/fungsional di luar binaan LAN, silahkan Anda berkoordinasi dengan instansi teknis/Pembina jabatan fungsional. Informasi tambahan terkait instansi Pembina jabatan fungsional dapat dilihat pada file … yang terdapat di modul ini.
8 Saya punya pertanyaan lebih lanjut, bagaimana saya bisa menghubungi Bidang Teknis dan Fungsional P3D? Anda dapat mengirimkan pertanyaan ke alamat email p3d@lan.go.id.
9 Apakah kebijakan untuk penyelenggaraan Diklat Teknis dan Fungsional? Peraturan Kepala LAN No. 13 Tahun 2011 untuk Diklat Teknis dan Peraturan Kepala LAN No. 15 Tahun 2015 untuk Diklat Fungsional.

Bot Chat

Silahkan Bertanya