Frequently Asked Questions (F.A.Q)
Akreditasi


No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah landasan hukum akreditasi? Peraturan Kepala LAN No. 25 Tahun 2015 tentang Pedoman Akreditasi Lembaga Diklat Pemerintah.
2 Ada berapa jenis akreditasi lembaga diklat pemerintah? Ada dua yaitu:
  1. Akreditasi penyelenggara diklat prajabatan dan diklat kepemimpinan (akreditasi penyelenggara)
  2. Akreditasi instansi pembina jabatan fungsional dan instansi teknis (pemberian delegasi kewenangan akreditasi)
3 Untuk pendelegasian kewenangan akreditasi diklat teknis atau diklat fungsional, siapakah yang mengajukan akreditasi Badan Diklat/Pusdiklat? Pengajuan pendelegasian kewenangan akreditasi diklat teknis atau diklat fungsional ditentukan oleh sekretaris jenderal/sekretaris utama dari instansi pembina jabatan fungsional/instansi teknis.
1 Darimana saya bisa mendapatkan informasi tentang akreditasi? Kami menyediakan bahan pembelajaran untuk menunjang lembaga diklat dalam memperoleh informasi akreditasi. Anda dapat mengaksesnya dengan memilih menu “MODUL” pada aplikasi SIPKA dan pilih modul akreditasi. Modul akreditasi berisi 1 video penjelasan proses akreditasi dan dokumen lain seperti juknis akreditasi dan user manual akreditasi dalam SIPKA.
1 Berapa lama proses akreditasi berjalan? Sesuai dengan standar operasional prosesur akreditasi adalah 90 hari kerja dari surat penugasan asessor untuk melakukan verifikasi data diturunkan.
2 Jika dari surat pengajuan akreditasi dikirimkan berapa lama lembaga diklat bisa memperoleh kepastian bahwa akreditasinya dapat di proses atau tidak? 12 hari dari disposisi Kepala Pusat P3D.
1 Bagaimana cara mengumpulkan berkas akreditasi (unggah data)? Silahkan mengumpulkan berkas berdasarkan kategori sesuai dengan form rekapitulasi dan petunjuk teknis yang bisa di download melalui SIPKA. Berkas dilampirkan dan dikumpulkan berdasarkan kelompoknya (unsur/sub unsur/komponen akreditasi) dan untuk sub unsur tenaga kediklatan dibuat per orang/pegawai dalam komponennya masing-masing. PIC SIPKA dapat mengikuti langkah-langkah pengumpulan berkas sesuai dengan user manual SIPKA untuk PIC Lembaga Diklat yang terdapat pada menu “Modul SIPKA”.
2 Apakah ada ketentuan jenis file, kapasitas ataupun penamaan file untuk di unggah ke sistem akreditasi online? Rekomendasi jenis file adalah *.pdf, dengan kapasitas per sub unsur/komponen tidak melebihi 10 MB, dan penamaan file tidak melebihi 40 karakter. Untuk keperluan unggah gambar, format ekstensi yang didukung adalah JPEG/PNG dengan ukuran file tidak melebihi 2 MB.
3 Data akreditasi apa saja yang harus dikumpulkan? Lebih lanjut mengenai data akreditasi bisa melihat petunjuk teknis yang terdapat pada modul akreditasi pada aplikasi SIPKA.
4 Lembaga diklat saya mengajukan 4 program diklat, yaitu diklat prajabatan gol. I/II, diklat prajabatan gol. III, diklatpim tk. III dan diklatpim tk.IV, apakah saya harus memasukkan data-data yang sama di menu program diklat masing-masing atau apakah c Data akreditasi harus dimasukan ke semua menu program diklat sesuai pengajuannya, walaupun data yang diminta sama. Hal ini terkait penilaian akreditasi adalah penilaian masing-masing program diklat dan penilaian otomatis akan terekap melalui sistem.
5 Pada kolom profil, isian apa yang harus diisi? Kolom profil diisi dengan keadaan lembaga diklat saat ini, seperti visi misi lembaga diklat, kondisi sumber daya yang ada, dan kegiatan yang dilakukan. Profil menggambarkan data akreditasi yang mungkin tidak dapat diakomodir di bukti fisik sub unsur/komponen akreditasi. Sehingga profil cukup diisi dalam bentuk narasi singkat dalam bentuk teks.
6 Pada kolom pengelola apakah semua pejabat struktural dimasukkan atau yang hanya memiliki persyaratan saja? Ya, semua pejabat struktural yang ada di struktur organisasi lembaga diklat harus dimasukkan, walaupun yang bersangkutan belum memiliki salah satu persyaratan yang ada.
7 Bagaimana dengan penyelenggara apakah semua staf harus dimasukkan? Untuk penyelenggara yang dimasukkan adalah staf yang ada di bidang penyelenggaraan/ikut dalam penyelenggaraan diklat sesuai dengan program diklat yang diakreditasi.
8 Untuk tenaga pengajar apakah hanya widyaiswara yang dimasukkan atau seluruh tenaga pengajar yang ada baik widyaiswara ataupun non widyaiswara? Untuk diklatpim dan diklat prajabatan data tenaga pengajar diisi oleh seluruh widyaiswara yang dimiliki oleh lembaga diklat, sedangkan untuk tenaga pengajar non widyaiswara ataupun widyaiswara dari luar lembaga diklat tidak perlu dimasukkan pada kolom tenaga pengajar (tenaga pengajar non Widyaiswara dimasukkan pada kolom penyelenggaraan program diklat sebagai pakar/praktisi).
9 Apakah akreditasi lembaga diklat harus dilaksanakan secara online melalui aplikasi akreditasi pada SIPKA atau boleh juga menggunakan mekanisme manual? Proses akreditasi lembaga diklat sejak tahun 2015 adalah secara online. Silahkan mengumpulkan berkas berdasarkan kategori sesuai dengan form rekapitulasi dan petunjuk teknis yang bisa di download melalui SIPKA. Data/dokumen akreditasi nantinya bisa disiapkan softfile-nya lalu kemudian di unggah ke aplikasi akreditasi. Sampai saat ini proses dilaksanakan secara online dan tidak bisa dilakukan secara manual.
1 Apa yang dimaksud dengan komite penjamin mutu pada sub unsur penjaminan mutu? Suatu Tim Penjamin Mutu Lembaga Diklat Pemerintah yang beranggotakan minimal 3 orang dan maksimal 5 orang. Terdiri dari gabungan unsur internal lembaga diklat dan unsur independen yang berasal dari kalangan ASN ataupun Praktisi. Tim penjamin mutu bertanggung jawab dalam menjamin kualitas penyelenggaraan diklat.
2 Seperti apa tugas dari komite penjaminan mutu? Melakukan proses penjaminan mutu dan menerapkan standar penyelenggaraan Diklat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sesuai dengan program diklatnya masing-masing. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas penyelenggaraan diklat.
1 Bagaimana pola pembiayaan akreditasi? Saat ini pola pembiayaan akreditasi dapat dilakukan dengan mekanisme cost sharing (RM) ataupun PNBP, untuk lebih lanjut silahkan menghubungi Pusat Pengembangan Program dan Pembinaan Diklat terkait pembiayaan akreditasi.